๐™ˆ๐™š๐™ฃ๐™œ๐™š๐™ข๐™—๐™–๐™ฃ๐™œ๐™ ๐™–๐™ฃ ๐™‹๐™š๐™ง๐™จ๐™ค๐™ฃ๐™–๐™ก ๐˜ฝ๐™ง๐™–๐™ฃ๐™™๐™ž๐™ฃ๐™œ ๐˜ฝ๐™ก๐™ค๐™œ ๐™ˆ๐™š๐™ก๐™–๐™ก๐™ช๐™ž ๐™’๐™š๐™—๐™ž๐™ฃ๐™–๐™ง ๐˜ฝ๐™š๐™ง๐™จ๐™–๐™ข๐™– ๐˜ผ๐™ฃ๐™ž ๐˜ฝ๐™š๐™ง๐™ฉ๐™– ๐™™๐™–๐™ฃ ๐™ˆ๐™ค๐™ข๐™–๐™˜๐™–๐™™๐™š๐™ข๐™ฎ

Webinar Personal Branding Melalui Blog

Saat tengah browsing instagram, sekilas kulihat feed Ani Berta, seorang blogger ternama yang akan mengadakan live Zoom bareng komunitas Momacademy dengan tema ‘Personal Branding Melalui Blog’. Wah, menarik sekali nih dan tanpa berpikir panjang langsung aku save reminder hp supaya tidak ketinggalan lagi acaranya.

Jujur, walaupun aku suka mengikuti kegiatan Ani Berta melalui feed instagram dan membaca beberapa tulisannya via blog, tapi baru kali pertama ini aku mengenal beliau lebih dekat secara langsung melalui webinar. Webinar tersebut terselenggara berkat adanya kerjasama dengan Momacademy.id dan berlangsung live via Zoom pada hari Rabu, 16 Februari 2022 pukul 14.00 -16.00 WIB. Momacademy adalah sebuah komunitas yang terdiri dari para Ibu dan wanita hebat untuk belajar, berbagi, produktif dan berdaya bersama. Pada awal webinar, Ani Berta yang biasa disapa dengan panggilan akrab Teh Ani ini menyampaikan materinya mengenai apa itu ‘Personal Branding’. Beliau menjelaskan bahwa Personal Branding dapat dikatakan sebagai suatu cara untuk mendorong seseorang memaksimalkan potensi kelebihannya dan meminimalisir kekurangan agar dapat dengan mudah diingat atau disimpan oleh banyak orang dalam memori mereka. Teh Ani menyebutkan perlu adanya Personal Branding dalam menulis, khususnya blogging. Ada 4 manfaat dari personal branding, diantaranya adalah membangun dan mengembangkan potensi diri, menciptakan kesempatan, memperoleh penghargaan atau pencapaian, serta menebarkan manfaat bagi yang lain. Kemudian, bagaimana sih cara membangun personal branding? Namun, sebelum membahas lebih jauh, Teh Ani menyebutkan ada beberapa komponen yang harus diketahui dalam pengembangan personal branding, yang juga merupakan komponen utama, yaitu nilai diri selanjutnya dikatakan sebagai self value, keahlian atau skills dan achievement, sikap (attitude), kejujuran dan otentik. Komponen-komponen tersebut harus didukung dengan adanya keunikan (uniqueness), identitas (identity), keaslian (originality), dan tampilan (appearance).

Pembahasan berikutnya mengenai personal branding dalam blogging. Dalam webinar tersebut Teh Ani menyarankan adanya nama yang konsisten pada blog & sosmed yang kita buat, misalnya beliau mencontohkan pada instagram menggunakan nama @ani.berta, maka pada blog pun menggunakan nama www.aniberta.com , kemudian gunakanlah foto profil personal pada sosmed kita artinya tidak menggunakan foto orang lain, binatang, atau benda lain. Setelah itu, miliki organic follower net yaitu usahakan jaringan followers yang diperoleh bukan dari hasil membeli, tampilkan karakteristik kita sesungguhnya sesuai dengan yang ditampilkan pada konten (tidak menjadi diri orang lain), selalu mengikuti atau mampu beradaptasi dengan trend yang sedang terjadi, serta menulis blog secara konsisten. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menampilkan personal branding dalam menulis blog diantaranya menguasai konten, melakukan verifikasi sumber bacaan, mengetahui UU ITE, paham mengenai hak cipta, serta secara teratur & konsisten menulis konten yang bermanfaat. Selanjutnya bagaimana jika kita ingin membuat atau memulai blogging? Masih dengan semangat yang sama seperti di awal webinar bersama para Moms lainnya, kami mendengarkan pemaparan Teh Ani mengenai beberapa platform yang dapat digunakan untuk menulis blog seperti Blogspot, WordPress,Tumblr, Kompasiana, Kumparan & Top Level Domain. Satu hal penting, seorang blogger tidak boleh melakukan copy paste, kemudian tulisan yang disajikan minimal berjumlah 600 kata, dapat juga kita masukkan foto atau infografis agar lebih menarik, namun jangan sampai terlalu banyak maksimal hanya 4 foto. Selain itu, grammar atau tata bahasa tidak boleh diabaikan oleh seorang blogger, termasuk juga data-data yang dimasukkan harus dapat dipertanggungjawabkan. Dalam menulis blog, seseorang dapat memilih tema yang ingin diangkat yang biasa disebut dengan Niche.

Niche yang dipilih dapat berupa makanan, lifestyle, traveling, fashion, resensi film, buku, otomotif, kesehatan, keuangan, parenting, olahraga, dll.bergantung pada minat dan penguasaan kita dalam bidang tersebut.

Aku bersama Komunitas MomAcademy saat mengikuti Webinar

Selesai pemaparan, webinar pun memasuki sesi tanya jawab, dimana peserta yang kebanyakan adalah para Moms ini sangat antusias untuk bertanya, termasuk juga aku yang saat itu hanya dapat bertanya melalui chat box, bahkan saking banyaknya pertanyaan sampai-sampai pertanyaanku pun tidak dapat terjawab karena keterbatasan waktu, dan kebetulan saat itu sudah memasuki sesi kuis.

Nah, sesi kuis ini tentunya merupakan sesi yang paling diminati oleh para Moms, begitu juga aku.๐Ÿ˜ Semua berebut bergantian menjawab baik secara langsung maupun melalui chat box. Walaupun pada akhirnya hanya ada beberapa nama yang dipilih untuk menjadi pemenang dan mendapatkan hadiah. Well, sayangnya pada kesempatan itu aku belum beruntung mendapatkan hadiah. Tetapi aku tidak merasa kecil hati, karena ada satu hal pada saat webinar tersebut yang membuat aku berbinar-binar, yaitu saat menit-menit terakhir Teh Ani, sang blogger inspiratif tersebut membagikan Achievement beliau selama menjadi blogger melalui foto-fotonya. Amazing! Melihat foto-foto pencapaian beliau, sungguh membuat aku terinspirasi dan lebih bersemangat lagi untuk menulis blog. Rasanya waktu beberapa jam webinar itu tidak ada yang sia-sia, malah sebaliknya. Yang terpenting setelah mengikuti webinar, Teh Ani selalu mengingatkan dengan satu kata ‘Aplikasikan!’. Ya, karena menurut beliau akan sia-sia mengikuti webinar sana sini mengenai blogging, jika tanpa kita aplikasikan langsung.

International Achievement
Foto Achievement Teh Ani saat pernah memenangkan 52 bahkan lebih kompetisi blog

Semoga dengan mengikuti webinar ‘Personal Branding Melalui Blog’ ini, selain aku mendapatkan insight lebih, juga dapat menjaga konsistensiku dalam menulis blog. Terimakasih banyak Tim Momacademy dan Teh Ani Berta atas sharing ilmunya yang sangat bermanfaat.๐Ÿ˜˜

Leave a comment